Daftar Perguruan Tinggi Jurusan Desain terbaik di Indonesia Lengkap 2020

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi dengan menggunakan visual,seperti media gambar untuk menyampaikan informasi dan pesan yang secara efektif.Sudah banyak sekali kamps-kampus di Indonesia yang membuka jurusan Desain Grafis,prospek kerja lulusan ini juga sangat terbuka lebar,terutama di zaman ang seba teknologi ini seperti Ilustrator,fotografer,animator,web desainer dan masih banyak lagi.




Buat kamu yang baru lulus sekolah di jenjang menengah atas/kejuruan yang berencana melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di bangku kuliah,admin akan memberikan rekomendasi daftar universitas atau perguruan tinggi yang menyediakan jurusan desain grafis,semoga setelah membaca ini kamu mendapatkan gambaran dan pilihan universitas atau perguruan tinggi yang kamu inginkan.

Baca Juga:Tips Memilih Perguruan Tinggi Negeri(PTN) Terbaru

Berikut adalah daftar Universitas atau Perguruan Tinggi jurusan Desain terbaik di Indonesia:

Institut Teknologi Bandung(ITB),Bandung

ITB merupakan perguruan tinggi yang berlokasi di Kota Bandung,pada tanggal 3 Juli 1920 TH te Bandoeng dan kemudian pada tanggal 2 Maret 1959 diresmikan menjadi nama Institut Teknologi Bandung.ITB memiliki lebih dari 20 program studi yang terakreditasi secara internasional(Sembilan diantaranya di berikan oleh ABET),lokasi kampus ITB terletak di Jln.Ganesha 10/12 Bandung,Jawa Barat ,Indonesia dengan luas kampus 795.646 m2.Kampus yang kedua terletak di Jln. Winaya Mukti no.1 Jatinangor.

Institut Teknologi Bandung(ITB) merupakan salah satu perguruan tinggi favorit di Indonesia,menjadi dambaan dan idaman bagi siswa-siswi yang baru lulus dari Sekolah Menengah Atas/Kejuruan(SMA/SMK).bagi kamu yang ingin kuliah mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual(DKV),kampus yang terletak di Jln.Ganesha membuka jurusan DKV,program studi DKV Institut Teknologi Bandung ini dimulai sejak tahun 1967 saat jurusan Seni Rupa FTSP ITB membuka studio grafis.Kurikulumnya lebih condong pada wawasan Konseptual  dalam berkaya teknologi yang baru.

Baca Juga:Info PTS Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta(PTS) Terbaru

Institut Seni Indonesia(ISI),Yogyakarta

Institut Seni Indonesia Yogyakarta atau yang sering ita kenal dengan nama ISI Jogja ini merupakan sebuah lembaga pendidikan tinggi negeri yang berstatus perguruan tinggi penuh dan memiliki hak penuh untuk menyelenggarakan pendidikan sampai jenjag yang lebih tinggi lagi,ISI ini juga merupakan kampus atau perguruan tinggi terbesar dan terbaik di Indonesia,ISI di resmikan oleh Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Prof.Dr.Nugroho Notosusanto pada tanggal 23 Juli 1984.

Kampus Institut Seni Indonesia terletak  di sebelah  selatan kota Yogyakarta di daerah Sewon Bantul.ISI juga menyediakan jurusan Desain Komunikasi Visual(DKV) namun ada yang unik dari DKV yang ada di ISI yaitu faktor historis yang sangat kuat dan kental.DKV ISI berada di lingkungan yang dikelilingi dengan nilai-nilai cultur yang sangat kental.

Universitas Negeri Semarang(UNNES),Semarang

Universitas Negeri Semarang(UNNES) merupakan perguruan tinggi negeri yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset,Teknologi,dan Pendidikan Tnggi(Kemristekdikti),untuk mengendalikan pendidikan akademik dan professional dalam disiplin ilmu,teknologi,olahraga,seni dan budaya.KAmpus ini dulunya dikenal dengan nama IKIP Negeri Semarang  yang berdiri pada tahun 1965 di Semarang.

Baca Juga:Manfaat Kuliah Sambil Bekerja

Universitas Negeri Semarang(UNNES) juga merupakan salah satu kampus favorit di Indonesia dan memiliki banyak sekali fakultas dan jurusan,sebagai salah satunya UNNES juga menyediakan jurusan Desain Komunikasi Visual(DKV),nah buat kamu yang hobi desain mungkin bisa menjadi salah satu pilihan kamu,karena DKV di UNNES dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang dapat menunjang minat dan hobi kamu sebagai contoh adanya Labolatorium dan Studio Praktikum Kesenirupaan.

Universitas Negeri Solo(UNS),Solo

Universitas Negeri Solo(UNS) yang terletak di Kota Solo yang lebih tepatnya di Jln.Ir.Sutami ,Kentingan ,Jebres,Surakarta Jawa Tengah 57126.UNS didirikan pada tanggal 11 Maret  1976 di Solo kemudian di putuskan dengan Keputusan Presiden RI Nomor 11 Tahun 1982.

Mungkin dari kamu ada yang bertanya UNS sama Universitas Sebelas Maret itu sama gak sih? Sebetulnya sama saja memang namanya Universitas Sebelas Maret namun lebih populer disebut Universitas Negeri Solo(UNS).Nah di UNS juga menyediakan  jurusan Desan Komunikasi Visual(DKV) dengan menerapkan kurikulum yangyang mengembangkan kegiatan komunikasi berbasis visual dan memiliki visi menjadi pusat pengkajian,pengembangan desain,Komunikasi Visual yang berbasis nilai cultural,kemanusiaan dan lingkungan.

Universitas Trisakti,Jakarta

Universitas Trisakti merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia. Perguruan tinggi ini didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 29 November 1965 melalui Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 013/da/1965 yang ditandatangani oleh Dr. Sjarif Thajeb

Tak hanya universitas negeri saja yang memiliki jurusan Desain Komunikasi Visua(DKV) yang bagus, ternyata universitas swasta pun juga punya loh. Jika kamu  ingin kuliah di kampus swasta dengan jurusan DKV, Universitas Trisakti bisa menjadi pilihan yang bagus. Universitas yang terkenal dengan sebutan “Kampus Reformasi” ini memiliki beberapa fasilitas yang mendukung proses perkuliahan, seperti perpustakaan, laboratorium komputer, studio fotografi, galeri seni rupa dan desain, serta studio proses cetak.

Baca Juga:Ligtroom Tutorial

Universitas Pelita Harapan(UPH),Jakarta

Universitas swasta lainnya yang memiliki jurusan DKV di kota ini adalah Universitas Pelita Harapan(UPH). Kampus ini menawarkan lingkungan pembelajaran yang fokus pada invoasi, konseptual, dan pemikiran strategis dalam menyelesaikan permasalahan desain. Beragam fasilitas lengkap tersedia di jurusan DKV UPH seperti studio lukis, laboratorium komputer,cetak,fotografi, dan lainnya. Ada tiga konsentasi studio yang bisa Anda pilih, yaitu: animasi, sinematografi, dan desain grafis.
Nah kampus UPH ini ada di Tanggerang Dan Jakarta,untuk Program Sarjana S1 ada di Lippo Village,Tanggerang Banten dan untuk program Master Universitas Pelita Harapan hadir di kawasan Semanggi,Jakarta.

Universitas Bina Nusantara(BINUS),Jakarta

Universita Bina Nusantara(BINUS),merupakan universitas swasta komputer terbaik di Indonesia,kampus ini terletak di Jakarta,Indonesia.Dulu nama Binus yaitu Modern Computer Course pada tanggal 21 Oktober 1974,dan berganti nama menjadi Universitas pada tanggal 8 Agustus 1996 Universitas Bina Nusantara.
Kampus ini membuka jurusan Desain Komuikasi Visual(DKV),awal terbentuknya sekitar tahun 1998, DKV Binus menyediakan beberapa fasilitas untuk menunjang proses perkuliahan, seperti laboratorium multimedia, studio fotografi, perpustakaan, studio gambar, studio rekaman, dan lainnya.

Telcom University,Bandung

Selain Institut Teknologi Bandung,Bandung ternyata mempunyai kampus swasta dengan jurusan Desain Komunikasi Visual(DKV), yaitu Telkom University atau bisa disebut juga Tel-U. Salah satu kampus IT  yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom ini adalah universitas yang berbasis pada Information and Communication Technology (ICT). Jurusan DKV Tel-U memiki dua konsentrasi yaitu technopreneurship yang berfokus pada penciptaan produk visual berbasis teknologi, serta multimedia marketing yang berfokus pada perencanaan dan riset pemasaran produk visual.

Nah daftar universitas atau perguruan tinggi diatas merupakan kampus terbaik di bidang desain,dengan membaca ini semoga kamu dapat gambaran atau pilihan kampus mana yang ingin kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Website:

https://www.itb.ac.id/
https://isi.ac.id/profile/
https://uns.ac.id/id/tentang-uns/profil-universitas
https://ikj.ac.id/
https://unnes.ac.id/
https://www.uph.edu/
https://binus.ac.id/
http://www.untar.ac.id/
https://telkomuniversity.ac.id/

Sumber:
www.portaldekave.com












Posting Komentar

0 Komentar