Info PTN Tips Memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Terbaru 2020

Tips Memilih Perguruan Tinggi Negeri(PTN)



Sekolang Menengah Atas(SMA) merupakan Lembaga Pendidikan yang dirancang untuk mempersiapkan siswa-siswi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.Setiap siswa harus memiliki wawasan dan rencana kedepannya untuk melanjutkan pendidikan selanjutnya setelah mereka lulus dari SMA.Pemilihan jurusan studi di perguruan tinggi sangat penting untuk mencapai cita-cita dan karier-nya.Dengan kata lain perguruan tinggi berperan penting untuk menentukan arah dan perjalanan karier peserta didik.

Namun seringkali di temui siswa-siswi mengaku masih bingung jurusan atau pilihan kampus yang baik untuk dirinya,maka dari itu pihak sekolah berkewajiban untuk memberikan edukasi dan pemberian arahan  serta informasi agar siswa-siswi dapat lebih memahami apa yang baik untuk dirinya dan tentunya untuk masa depan-nya setelah mereka selesai menempuh pendidikan di sekolah menengah atas(SMA).

Nah kali ini  admin akan memberikan tips untuk memilih perguruan tinggi yang cocok buat kamu dan menunjang cita-cita mu.

1.Mencari Informasi Seara Lengkap

Hal yang terpenting dalam memilih perguruan tinggi yaitu harus adanya referensi dan informasi yang lengkap,yang bisa kamu dapatkan dari sekolah(SMA),kakak kelas atau alumni yang berhasil masuk ke perguruan tinggi atau kamu juga bisa melalukan searching di internet untuk mencari informasi mengenai jurusan dan universitas/perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan bakat.



2.Pilih Beberapa UniversitaUniversitas/Perguruan Tinggi

Jika kamu sudah menentukan jurusan yang sesuai dengan cita-cita dan minat,pilihlah beberapa universitas/perguruan tinggi jangan hanya memilih satu.Setidaknya kamu memiliki gambaran kampus mana yang menjadi prioritas dan cadangan,jadi jika kamu gagal masuk satu universitas perguruan tinggi masih ada referensi atau planning ke dua dalam memilih.

3.Akreditasi Kampus Dan Reputasi Kampus

Akeditasi ini akan menentukan sebuah kampus itu berkualitas atau tidak.TApi kamu tahu tidak akreditasi itu apa? Akreditasi meruppakan upaya pemertintah untuk menstandarisasi mutu sebuah kampus,semakin baik akreditasinya mata citra dan lulusannya juga semakin akan berkualitas.Biasa nya sebuah perusahaan mensyaratkan atau standar karyawan yang akan diterima minimal harus berasal dari institusi yang berkualitas baik.

Nah akreditasi ini dibedakan menjadi kelompok Akreditasi A(sangat baik),Akreditasi B (Baik),Akreditasi C (Kurang) dan masih adalagi yang belum terakreditasi.



4.Pertimbangan Lokasi

Lokasi merupakan unsure penting yang sering menjadi bahan pertimbangan memilih universtas atau perguruan tinggi yang pas.Nah lokasi ini dapat mempengaruhi biaya hidup serta kenyamanan dalam menjalani pendidikan/belajar,terutama bagi kamu yang tidak bisa terlau jauh dari keluarga atau bagi kamu yang belum bisa belajar mandiri.

5.Daya Tampung 

Daya tampung sebuah universitas atau perguruan tinggi ternama tentu sangat terbatas sehingga kamu harus mempertimbangkan kembali untuk memilih universitas,terutama kamu meilih dengan jalur sekolah SNMPTN selain nilai yang di pertimbangkan oleh sebuah kampus daya tampung juga merupakan salah satunya apakah kamu dapat di terima di  unversitas yang kamu pilih.Cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan searching di internet berapa persen daya tampung yang di tentukan sebuah universitas cari yang presentasenya besar.



6.Fasilitas

Selanjutnya fasilitas ,kamu harus tahu apa saja fasilitas yang diberikan sebuah kampus yang bisa mendukung minat kamu,sebagai contoh kamu yang minat di bidang desain kamu cari tahu fasilitas apa yang dapat menunjang minat kamu itu dan bandingkan fasilitas kampus dengan kampus yang lain mana yang lebih bagus.

Kenali lebih detail kampus pilihanmu agar tidak menyesal di kemudian hari,fasilitas dan sarana pendidikan yang memadai akan mempengaruhi kualitas dirimu.

7.Biaya

Jika kamu ingin kuliah di suatu universitas A namun biaya-nya sangat mahal nah cari universitas yang biayanya murah namun kualitas tidak jauh dengan kampus A.Biaya kuliah ini juga sangat penting untuk di pertimbangkan dan cermati,apalagi jika kamu yang kuliah melalui jalur regular bukan jalur beasiswa.

Nah ada dua biaya yang sangat penting untuk kamu untuk memutuskan kuliah,yang pertama biaya kuliah itu sendiri,dan yang kedua biaya hidup.Biaya hidup saat ini sangatlah mahal dari kost dan makan sehari-hari sangatlah mahal jadi kamu harus bijak kembali dalam menentukan suatu universitas.



Dulu admin sering sekali diingatkan oleh orang tua,kakak kelas dan teman-teman pastikan kalau mau melanjutkan ke jenjang kuliah pastikan kamu pilih kampus yang ke arah timur.Maksudnya cari kampus yang ada di Jawa Tengah,Yogyakarta dan Jawa Timur jangan cari ke barat seperti Jawa Barat,Jakarta dan lain-lain.Karena biaya hidup di dareah timur lebih murah diibandingkan dengan daerah barat,tapi admin bilang itu sih pintar-pintar kita dalam mengelola keungan.

8.Konsultasi

Jika kamu sudah menentukan universitas atau perguruan tinggi yang kamu pilih pastikan konsultasi dengan orang tua apakah orang tua menyetujui dengan pilihan anaknya,apabila belum puas konsultasikan dengan guru bimbingan konseling(BK) di sekolah,apakah kampus yang kamu pilih itu sesuai dengan minat dan bakat kamu.

Nah 8 tips diatas merupakan hal terpenting buat kamu dalam memilih universitas dan perguruan tinggi,semoga bermanfaat.Bagi kamu yang memiliki pengalaman berharga seputar kuliah dan kamu yang berhasil lolos masuk universitas silahkan komen di bawah agar kita semua yang membaca dapat teromotivasi.

Terima Kasih

Posting Komentar

0 Komentar