Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta(PTS) Terbaru

Perguruan tinggi Swasta(PTS) 


Bagi kamu yang baru lulus sekolah di jenjang menengah atas,pasti kamu berniat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang bangku kuliah bukan! .Tak dipungkiri sebagian besar dari siswa-siswi di Indonesia memilih Perguruan Tinggi Negeri(PTN) untuk melanjutkan studinya,biaya dan juga akreditasinya yang dinilai lebih baik sering dijadikan alasannya.



Faktanya daya tampung masuk ke Perguruan Tinggi Negeri  yang melalui jalur SNMPTN,SBMPTN(Test Centre) dan Mandiri presentasenya hanya 20-40% pada masing-masing jalur,tentunya persaingan sangat lah sulit.Pertanyaannya adalah kemana siswa siswi yang yang tidak keterima di Perguruan Tinggi Negeri? Jawabannya adalah Perguruan Tinggi Swasta(PTS).
Jangan pernah sekali-kali berfikir bahwa dengan masuk Perguruan Tinggi Swasta  tidak pintar atau akan susah untuk mendapatkan pekerjaan,sekarang banyak PTS yang memiliki banyak program unggulan yang tidak kalah dengan Perguruan Tinggi Negeri.

Berikut adalah Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta sebagai berikut:

1.Akreditasi Kampus

Akeditasi ini akan menentukan sebuah kampus itu berkualitas atau tidak.Tapi kamu tahu tidak akreditasi itu apa? Akreditasi meruppakan upaya pemertintah untuk menstandarisasi mutu sebuah kampus,semakin baik akreditasinya mata citra dan lulusannya juga semakin akan berkualitas.Biasa nya sebuah perusahaan mensyaratkan atau standar karyawan yang akan diterima minimal harus berasal dari institusi yang berkualitas baik.Nah akreditasi ini dibedakan menjadi kelompok Akreditasi A(sangat baik),Akreditasi B (Baik),Akreditasi C (Kurang) dan masih adalagi yang belum terakreditasi.

Baca Juga:Tips Memilih Perguruan Tinggi Negeri(PTN)

2.Akreditasi Jurusan Dan Program Studi

Walaupun kampus yang kamu pilih sudah bagus pastikan akreditasi jurusan atau program studi yang kamu pilih bagus juga,belum tentu akreditasi kampus dan akreditasi jurusan semuanya bagus.Jadi kamu harus benar-benar jeli dalam memilih jurusan agar nantinya tidak akan mempengaruhi kamu dalam mencari pekerjaan.

3.Biaya Kuliah

Bicara soal biaya kamu pasti berfikiran bahwa kuliah di Pergurua Tinggi Swasta(PTS) sangatlah mahal,memang ada benarnya juga.Biasanya PTS menawarkan fasilitas yang sangat baik sehingga biaya kuliah akan semakin mahal lagi,tapi tidak semua PTS mempunyai biaya kuliah yang mahal ko ada juga PTS yang memiliki peluang beasiswa yang terbuka lebar buat para mahasiswa.

Baca Juga:7 Peluang Kerja Seorang Desain Grafis

4. Fasilitas Kampus PTS

Selanjutnya fasilitas ,kamu harus tahu apa saja fasilitas yang diberikan sebuah kampus yang bisa mendukung minat kamu,sebagai contoh kamu yang minat di bidang desain kamu cari tahu fasilitas apa yang dapat menunjang minat kamu itu dan bandingkan fasilitas kampus dengan kampus yang lain mana yang lebih bagus.
Kenali lebih detail kampus pilihanmu agar tidak menyesal di kemudian hari,fasilitas dan sarana pendidikan yang memadai akan mempengaruhi kualitas dirimu.

 5. Lokasi Kampus

Lokasi merupakan unsur penting yang sering menjadi bahan pertimbangan memilih universtas atau perguruan tinggi yang pas.Nah lokasi ini dapat mempengaruhi biaya hidup serta kenyamanan dalam menjalani pendidikan/belajar,terutama bagi kamu yang tidak bisa terlau jauh dari keluarga atau bagi kamu yang belum bisa belajar mandiri.
Penting untuk kamu melakukan sebuah riset karena akan menyangkut soal biaya yang nantinya akan kamu keluarkan selama kuliah seerti Uang Kuliah Tunggal(UKT),biaya hidup,biaya kos dan masih banyak lagi.

Baca Juga:Tips Berkarir Desainer Grafis

6.Meminta Rekomendasi Dari Alumni

Jangan sungkan untuk meminta pendapat dan masukan dari kakak alumnus PTS yang kamu pilih,pengalaman dari mereka yang sudah benar benar merasakan dinamika perkuliahan di PTS akan sangat membatu kamu dalam meyakinkan lagi kuliah di PTS yang kamu pilih.Baik dalam memilih PTN ataupun PTS kamu harus membuat sebuah riset untuk menemukan yang lebih baik lagi,jangan anggap remeh bahwa dengan masuk PTS itu gampang,kamu juga harus memiliki prestasi yang lebih.

Nah 6 tips memilih Perguruan Tinggi Swasta(PTS) di atas kamu pahami terlebih dahulu agar nantinya kamu tidak menyesal di kemudian hari.




Posting Komentar

0 Komentar