Lakukan Tips Kuliah Sambil Kerja

Tips Kuliah Sambil Kerja



Banyak sekali sekarang mahasiswa yang sambil kerja,mereka mengambil keputusan ini karena adaya beberapa faktor yang paling utama yaitu karena faktor ekonomi,bagi kamu yang berasal dari keluarga ekonomi yang bisa di bilang kekurangan namun memiliki keinginan untuk kuliah namun tidak memiliki biaya untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi,kuliah sambil kerja adalah jalan yang terbaik buat kamu.

Supaya kedua aktifitas ini berjalan dengan baik,admin akan memberikan cara-cara mudah yang bisa kamu terapkan.Berikut ini tips kuliah sambil kerja supaya keduaya bisa berjalan dengan baik.

1.Niat Dan Tekad

Tips awal dan yang paling utama adalah Niat dan Tekad,jika kamu sudah memiiki niat yang kuat semua pasti akan berjalan dengan lancar,karena segala sesuatu yang diawali dengan niat yang kuat semuanya akan berjalan dan baik sehingga akan membuat mudah kamu dalam menjalani aktifitas kuliah sambil kerja.


Tekad,Jika tekad sudah di tanam dalam jiwa yakinlah semuanya akan berjalan dengan baik.Tekad hampir sama dengan kata optimis,jangan sekali-kali kamu berfikiran apakah aku bisa dan jangan tanamkan keragu-raguan dalam diri.Karena satu-satunya batasan untuk meraih mimpi kita adalah keragu-raguan kita akan hari ini.

2.Prioritas

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menetapkan yang namanya skala prioritas.Mana yang lebih penting kuliah atau pekerjaan? Semua orang pasti memiiki prioritas masing- masing,termasuk kamu.

Jika kamu mengambil kuliah sambil kerja jam kantor,pada umumnya kamu bisa memprioritaskan pekerjaan,jadi langkah yang kamu harus lakukan yaitu ambil jadwal kuliah Sabtu-Minggu.
Namun jika kamu kuliah dengan jam regular,apalagi kamu kuliah di universitas negeri maka kamu harus menyesuaikan jam bekerja.Tujuannya agar kuliah dan kerja kamu berjalan lancar.


3.Komunikasi Dengan Perusahaan 

Ketika kamu kuliiah sambil kerja pastikan perusahaan tahu bahwa kamu sedang mengambil kuliah.Kamu bisa mengajukan ke perusahaan untuk diberikan waktu kemudahan untuk kuliah dan yakinkan kembali perusahaan bahwa kamu kerja sambil kuliah tidak akan menggangu aktifitas dan performa kamu dalam bekerja di perusahaan.

Kenapa perusahaan harus tahu? Sebab jika kamu harus mengikuti UTS,UAS dan berbagai bimbingan dan sidang skripsi perusahaan bisa mempertimbangkan dan memberikan dispensai,sehingga kamu tidak usah bolos dan mengambil cuti sehingga aman dari pemotongan gaji.

4.Atur Waktu

Ketika memutuskan untuk kuliah sambil bekerja,pastikan kamu bisa mengatur waktu dengan sebaik-baiknya.Jangan sampai jadwal kuliah kamu bentrok dengan jadwal kerja,selain itu selesaikan terlebih dahulu pekerjaan atau urusan di perusahaan,agar kamu bisa lebih siap lagi untuk kuliah.Jika urusan perusahaan terbawa ke jadwal kuliah pasti kuliah atau belajar kamu akan terganggu dan tidak akan fokus.

Baca Juga:Desain Logo

5.Pertahankan Nilai

Meski kamu sambil bekerja,pastikan nilai kamu di kampus tidak bermasalah.Kumpulkan semua tugas sesuai atau tepat waktu jangan sampai terlambat mengumpulkan tugas,jangan terlambat mengikuti ujian.Jika nilai kamu bermasalah,maka di pastikan kuliah kamu akan molor,sehingga membuat kamu lama untuk lulus yang paling utama biaya kuliah akan membengkak.

6.Jaga Performa Di Peusahaan

Tanggung jawab sebagai karyawan dan pelajar akan berlipat ganda,disatu sisi kamu bertanggung jawab sebagai karyawan di perusahaan dan di satu sisi kamu  juga seorang mahasiswa.Jangan sampai hal ini menggangu kinerja dan kesehatan kamu.Selesaikan urusan di kantor jangan sampai di bawa ke kampus maupun rumah.

Jadi buat kamu yang kuliah sambil kerja pastikan kamu ikuti tips di atas,pastinya tips ini berlaku bagi kamu yang berencana kuliah sambil bekerja.

Sumber:

Posting Komentar

0 Komentar