5 Prinsip Desain Grafis

5 prinsip Desain Grafis




Kali ini admin akan membagikan prinsip prinsip desain grafis secara singkat,padat dan jelas simak di bawah ini:

Kesederhanaan

Hal ini sangatlogis demi kepentingan dan kemudahan pembaca memahami isi pesan yang di sampaikan dalam penggunaan huruf sebuah berita contohnyahuruf judul,subjudul dan tubuh berita.sebaiknya jangan menggunakan jenis font ornamental yang sulit di baca,desainer grafis juga menyebut prinsip ini sebagai KISS (Keep It simple stupid)prinsip ini diterapkan dengan penggunaan ruang kosong dan tidak menggunakan banyak unsur  unsur acsesoris  yang berlebihan.

Keseimbangan

Kesseimbangan yaitu keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan sembang secara visual.Prinsip keseimbangan ada dua yaitu keseimbangan formal(simetris) dan keseimbangan formal.
Keseimbangan formal meemberikan kesan sempurna,resmi,kokoh.kesimbangan formal juga menyinggung mengenai konsistensi dalam penggunaan elemen desain semisal warna logo dalam desain kartu nama dibuat dengan full color (F/C).sedangkan keseimbangan informal bermanfaat menghasilkan kesan visual yang dinamis,bebas,lepas,meninggalkan sikap kaku dan posmodernis.

Kesatuan

Kesatuan adalah koesi ,ketunggalan atau keutuhan yang merupakan isi pokok dari komposisi.Cotohnya yaitu ilustrasi,garis dan teks diberi raster sehngga memberikan kesan kesatuan terhadap pesan yang dimaksud.

Penekanan

Penekanan disini dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca  sehingga ia mau melihat atau melirik bagian desain yang dimaksud.dalam konteks desain surat kabar ini biasaya dlakukan dengan membrikan kotak  raster atas sebuah berita,atau juga membesarkan ukuran huruf pad judul berita sehingga terlihat berbeda dengan berita lainnya.

Irama

Irama merupakan pengulangan unsur pendukung karya seni.irama merupakan selisih ntara dua wujud yang terletak pada ruang,serupa dengan interval waktu antara dua nada music beruntun yang sama.Desain grafis  mementingkan interval ruang atau kekosongan atau jarak antar objek,misalnya jarak antar kolom.

Posting Komentar

0 Komentar