Proses Panjang Kenapa Harga Logo Mahal

Kenapa Harga Sebuah Logo Mahal


Kalian pernah berfikir dan bertanya-tanya kenapa sih harga sebuah logo itu mahal? Sehingga klien atau perusahaan berani merogoh kocek yang tidak sedikit untuk membuat sebuah logo dari mulaibpuluhan juta sampai milyaran rupiah.Selain logo menjadi identitas instansi/perusahaan,logo juga harus mencangkup visi dan misi.

Ada beberapa alasan mengapa sebuah logo bisa memiliki harga yang mahal meskipun menurut  orang lain desainnya simple dan biasa saja namun semua aspek dalam logo itu memiliki arti dari warna,bentuk dan ukuran.

Kenapa Harga Logo Mahal?


1.Ditinjau Dari Proses Pembuatan

Desain Brief,melakukan wawancara dengan klien untuk mendapatkan ide logo.
Riset Dan Penelitian,penelitian terhadap sejarah,kinerja,strategi  branding dan visi dan misi.
Referensi,mencari referensi logo yang telah ada.
Membuat Sketsa Dan Konsep,mengembangkan hasil dari riset dan penelitan.
Refleksi,membuat logo dalam format digital.
Presentasi,menyajikan logo yang telah dibuat dalam bentuk digital kepada klien.
Revisi  Minor,melakukan perbaikan sedikit.
Finishing.

2.Ditinjau Dari Nilai

Logo adalah kesan dan hal yang pertama dinilai orang lain terhadap suatu bisnis.
Logo memiliki umur yang panjang,logo ini berfungsi untuk mewakili wajah perusahaan di tahun mendatang.
Logo harus asli.
Logo harus Tampak Profesional.


Proses Panjang Pembuatan Logo 


1.Proses Pengumpulan Data Dari Klien


Sebelum membuat sebuah logo seorang desainer grafis harus benar-benar mengumpukan data,data ini berupa tentang misi dan tujuan sebuah perusahaan tersebut,selain itu seorang desainer grafis harus bisa menyatukan elemen yang ada dalam perusahaan seperti sejarah perusahaan,sistemnya,dan yang terpenting sesuai dengan produk apa yang akan dijual oleh perusahaan itu sendiri.

Data dari klien sangat berguna bagi seorang desainer untuk memadukan dan  menentukan dari arti warna,pemilihan huruf dan simbol dalam sebuah logo,sehingga akan menggambarkan misi dan tujuan dari perusahaan itu sendiri.Dengan proses yang panjang ini membuat sebuah logo menjadi sangatlah mahal.

2.Proses Desain Logo Awal


Setelah semua data sudah terkumpul seorang desaner grafis akan membuat logo awal dalam bentuk media kanvas,buku sketsa berupa sketsa awal.Biasanya desainer akan membuat logo dengan beberapa alternatif atau model yang sama namun ukuran,ketebalan dan lekukan akan berbeda.Setelah beberapa logo telah jadi desainer akan memadukan menjadi satu sehingga menjadi  logo yang setengah jadi.

3.Konsultasi Dengan Klien


Setelah sketsa kasar logo telah jadi,desainer akan mengkonsultasikan kepada klien apakah logo kasar yang telah dibuat sesuai dengan produk yang akan dijual,visi dan misi perusahaan.Desainer grafis harus bisa menjelaskan secara rinci arti dari logo yang dibuat mulai  dari warna,teks dan ukuran logo dan seorang desainer juga harus siap untuk menerima kritikan dari klien apabila ada yang tidak sesuai dengan logo tersebut.Selain itu desainer logo juga harus mendengarkan apa yang diinginkan oleh klien.

4.Pembuatan Logo Dengan Aplikasi Desain


Jika klien setuju dengan logo yang dibuat,selanjutnya desainer akan membuat logo dengan menggunakan aplikasi desain,dengan semakin majunya teknologi di bidang digital sudah tersedia banyak sekali aplikasi desain yang akan membantu seorang desainer untuk membuat logo.Nah dalam tahap ini biasanya memerlukan waktu yang cukup lama karena harus adanya ketelitian,kecermatan dan ketekunan dari seorang desain grafis.Mereka akan berkonsentrasi untuk memadukan warna,bentuk dan lain-lain.

5.Mempresentasikan Kembali Logo Kepada klien


Jika proses pembuatan logo sudah ada pada tahap akhir atau sudah jadi,selanjutnya desainer grafis akan kembali mempresentasikan hasil logonya kepada klien agar lebih meyakinkan lagi logo yang telah di buat bisa di bilang presentasi tahap ini merupakan tahap terakhir.Jika klien berubah fikiran untuk merubah sedikit logo yang telah dibuat maka desainer harus mengulang dari awal logo yang telah dibuat.

6.Negosiasi Harga


Jika klien sudah puas dengan logo yang telah dibuat,tahap terakhir adalah negosiasi harga dari logo tersebut,semakin puas klien dengan logo maka akan semakin tinggi harga yang akan diberikan klien.Dalam pembuatan logo seorang klien tidak segan untuk memberikan harga yang tinggi dari mulai harga ratusan juta hingga miliyaran rupiah.

Selain negosiasi harga di akhir ada juga negosiasi harga di awal,pembuatan logo yang menerapkan negosiasi di awal biasanya pembuatan logo secara online.Sekarang sudah tersedia juga situs atau web yang menyediakan jasa pembuatan logo secara online,biasanya klien akan menjelaskan visi dan misi perusahaan  dan jenis produk yang akan dijual.Selanjutnya desainer grafis akan memberikan sebuah portofolio karya mereka pada klien untuk meyakinkan bahwa mereka memenuhi kriteria untuk membuat logo yang sesuai dengan produk yang akan dijual klien.

Mungkin itu yang bisa sampaikan kurangnya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan teks saya mohon maaf,apabila ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar dikolom komentar.
Jangan lupa follow dan share artikel ini agar bermanfaat bagi orang lain.

Posting Komentar

0 Komentar