Cara Membuat Karakter Anime Dan Kartun Sendiri Dengan Photoshop

Cara Membuat Karakter Anime Dan Kartun Sendiri Dengan Photoshop


Langkah Pertama

Buka aplikasi Photoshop dan tunggu sampai jendela photoshop terbuka,setelah itu masukan foto kamu yang ingin dijadikan karakter anime dan kartun dengan cara klik menu File>Open dan pilih foto lalu Ok.

Langkah Kedua




Selanjutnya buat layer grup rambut,mata dan mulut,line,skin dan baju.Buat uruta layer sesuai dengan yang saya berikan,fungsi dari layer grup itu sendiri untuk mempermudah dan memisahkan bagian-bagian objek yang sedang dikerjakan agar mempermudah dalam proses edit.

Langkah Ketiga

Buat bagian rambut terlebih dahulu,pilih layer grup rambut dan buat layer baru,gunakan pen tool untuk menyeleksi bagian rambut.Jika sudah buat layer baru untuk bagian warna pantulan rambut,jangan lupa pastikan layer yang kamu buat ini kamu Shortcut Ctrl+Alt+G agar seleksi yang kita buat tidak keluat dari layer yang kita buat pertama.

Langkah Keempat

Setelah bagian rambut selesai langkah selanjutnya yaitu membuat layer rambut tadi menjadi halus dengan menggunakan brush tool,pastikan setiap layer rambut tambahkan dengan layer mask.Pada saat menggunakan brush tool pastikan pada layer mask jangan di layer foto-nya karena jika pada layer foto brush tool tidak akan berfungsi.

Keterangan:
Nomor  1 : Brush Tool
Nomor  2 : Create Clipping Mask (Ctrl+Alt+G)
Nomor  3 : Layer Mask
Nomor  4 : Layer Mask

Langkah Kelima




Selanjutnya kita buat warna kulit di layer grup skin,warna kulit yang di seleksi terlebih dahulu yaitu bagian muka,untuk warna silahkan kamu sesuaikan dengan selera masing-masing atau kamu bisa download pallet warna disini.

Langkah keenam

Kemudian duplikat layer foto dengan cara klik kanan padaa layer foto lalu pilih duplikat layer,selanjutnya kecilkan ukuran layer foto yang sudah di duplikat tadi sambil menekan tombol Shift.fungsi ini untuk membuat effect animasi atau kartun seperti karikatur yaitu pada bagian kepala lebih besar dari pada ukuran bagian badan.

Langkah Ketujuh


Beri warna pada bagian leher untuk warnanya sendiri sama dengan warna bagian wajah.Setelah itu buat layer baru untuk warna gelap dari skin dan jangan lupa tekan shortcut Ctrl+Alt+G pada layer yang baru.Selanjutnya gunakan brush tool seperti pada saat pembuatan rambut.

Keterangan:
Nomor  1 : Brush Tool
Nomor  2 : Create Clipping Mask (Ctrl+Alt+G)
Nomor  3 : Layer Mask
Nomor  4 : Layer Mask

Langkah Kedelapan


Selanjutnya pilih layer grup mata dan mulut,pada layer grup ini kita buat bagian mata anime dan kartun,nah apabila kamu ingin lebih cepat dan sama persis dengan mata yang seperti saya buat silahkan download disini.Setelah bagian mata selesai sekarang bagian mulut,untuk bagian mulut ini anime dan kartun ini sangat beragam sesuai dengan apa yang kita inginkan dari yang paling mudah hanya membuat lingkaran saja sampai yang sulit seperti yang saya buat.

Langkah Kesembilan
Buat hidung dan alis di layer grup line,caranya mudah gunakan pen tool dan pilih warna hitam.

Langkah Kesepuluh

Kemudian buat bagian baju pada layer baju gunakan pen tool dan pilih warna sesuai dengan selera.Buat layer baru untuk bagian warna baju yang lebih gelap jangan lupa shortcut Ctrl+Alt+G supaya seleksi yang kita buat tidak keluar dari lyang pertama.

Langkah Kesebelas 

Nah selanjutnya proses pembuatan background,pembuatannya sendiri tergantung selera untuk yang lebih mudah kamu tinggal klik menu Adjustment>Solid Color dan pilih warna sesuai selera,tempatkan berada paling bawah dari setiap layer.

Nah foto Karakter Anime Dan Kartun Sendiri sudah jadi dengan menggunakan photoshop kita dapat membuat anime dankartun dengan mudah dan cepat. Mungkin itu yang bisa saya sampaikan kurangnya mohon maaf saran dan kritik silahkan tinggalkan komen di bawah.
Jangan lupa f ollow dan share artikel ini jika bermanfaat.


Posting Komentar

0 Komentar