Cara Membuat Foto Mozaik Mudah Kekinian Di Photoshop

Cara Membuat Foto Mozaik Mudah Kekinian Di Photoshop 

Apakah kamu pernah mendengar tentang foto mozaik? Itu lho, sebuah foto yang tersusun dari banyak foto di bagian belakangnya.Karya ini biasanya digunakan untuk kado atau hadiah kepada keluarga,teman dan sahabat. Sebelum ke tutorial apa sih mozaik?.



Mozaik adalah seni dekorasi dari kepingan bahan keras yang disusun dan ditempelkan dengan pelekat. Mozaik juga dapat disebut pecahan kaca, batuan tertentu atau keramik. Mozaik juga dapat disebut dengan kegiatan menata pecahan menjadi bentuk tertentu ( kadang berdasarkan warna).Sedangkan karya seni mozaik adalah seni dan teknik menggabungkan atau merangkai puluhan bahkan ratusan foto secara sistematis sehingga membentuk karakter.

Kali ini admin akan menjelaskan tutorial mozaik menggunakan software photoshop,sebenarnya banyak aplikasi yang dapat di gunakan untuk membuat effect mozaik.Langsung saja ke tutorialnya.

1.Pertama buka software photoshop setelah terbuka pilih menu file lalu tekan new ubah ukurannya sesuai selera,namun admin sarankan 1500x1500 dan resolusinya naikan menjadi 300.

2.Selanjutnya pilih menu View dan cari New Guide,nantinya akan muncul piihan horizontal dan vertikal kemudian kamu masukan ukurannya yang tadinya centimeter menjadi persen.Contoh untuk vertical 10%,20%,40% dan seterusnya begitu pula dengan horizontal hingga terbentuk garis seperti dibawah ini.


3.Pilih menu file kemudian place untuk memasukan foto,sesuaikan dengan kotak sambil menekan tombol Shift agar proporsi foto tidak berubah  lalu tekan enter.Kemudian pilih menu Rectangular Marque Tool untuk menyeleksi foto kemudian tekan Ctrl+J untuk membuat layer baru dan hapus layer foto sebelumnya lakukan cara ini sampai foto terisi penuh.


4.Setelah semua terisi dengan foto simpan foto dan berinama Patern Mozaik,setelah tersimpan kamu bisa menutup projeck dan membuat laman baru.

5.Selanjutkan klik File lalu open dan masukan foto yang ingin kamu jadikan mozaik.pilih menu Layer-New-Layer atau dengan cara tekan Shift+Ctrl+N untuk membuat layer patern mozaik yang telah kamu buat tadi.

6.Pilih pada menu Edit kemudian Fill dan pilih patern,cari patern yang tlah kamu buat tadi lalu OK.

7.Selanjutnya plih menu Image lalu Adjusment-Desaturet pada layer patern mozaik.

8.Ubah setelan layer dari normal ke Overlay,dan fotopun akan seperti di bawah ini.

Simpan gambar tadi dengan cara klik menu file dan save as lalu ubah setelannya ke JPG.Mungkin itu yang bisa admin sampakan kurangnnya mohon maaf,apabila ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar dibawah agar blog ini dapat berkembang lagi ke depannya terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar